Baperlitbang Kendal Laksanakan Musrenbang Kecamatan Tahun 2019

Kecamatan Kangkung

KENDAL – Sesuai dengan UU 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan melalui pendekatan top down, button up, partisipasif, politik, dan teknokratik. Button up tersebut dilaksanakan melalui Musryawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan secara bertingkat diantaranya Musrenbang Desa dan Musrenbang Kecamatan.
Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal melaksanakan monitoring Musrenbang tingkat Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2020. Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait. Bahasan didasarkan pada arah kebijakan pembangunan Kabupaten Kendal masukan dari hasil Musrenbang desa serta kesepakatan rumusan daftar skala prioritas di masing-masing Kecamatan yang kemudian akan dibawa ke tahap Forum Lintas Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kabupaten Kendal Tahun 2019.
Musrenbang tingkat Kecamatan di Kabupaten Kendal dilaksanakan mulai tanggal 4 Februari 2019 sampai 14 Februari 2018 di masing-masing Kecamatan. Diawali pada hari Senin (02/02) di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Patebon, Kecamatan Rowosari dan Singorojo. Kegiatan ini terakhir di selenggarakan pada Kamis (14/02) di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Cepiring, Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Ringinarum.
Baperlitbang menghimbau melalui surat edaran kepada Kecamatan untuk segera setelah pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, agar menginput Berita Acara Pelaksanaan, Daftar Hadir, serta usulan kegiatan yang didanai APBD Provinsi melalui emusrenbang.sippd-jateng.info paling lambat minggu ke-3 Bulan Februari 2019. Selain itu, Kecamatan diminta melakukan input usulan kegiatan hasil Musrenbang Kecamatan melalui SIPPEDA di alamat sippeda.kendalkab.go.id paling lambat minggu ke-3 Bulan Februari 2019 sebagai bahan pelaksanaan Forum Lintas Perangkat Daerah yang akan dilaksanakan pada minggu ke-1 Bulan Maret 2019.
Pelaksanaan Musrenbangcam berjalan secara hikmat dan penuh antusiasme dari peserta yang terdiri dari perangkat desa, toga, tomas, lembaga desa, perwakilan perempuan dan anak. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut usulan infrastruktur masih mendominasi dimana usulan fisik masih berkisar diangka 71,32% dan non fisik 28,68%. Hal ini akan menjadi perhatian bagi pemerintah Kabupaten Kendal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020.

Baca Juga:   Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *