Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Website Info

welcome Welcome. Kami ucapkan Selamat Datang atas kesediaan anda telah berkunjung di Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal ini.

Prosedur Ijin KKN

Blog style Bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kendal, silahkan baca prosedurnya terlebih dahulu di sini.

Prosedur Ijin Penelitian

Blog style Untuk dapat melakukan penelitian di Kabupaten Kendal, maka prosedur untuk mendapatkan ijinnya bisa anda baca di sini

Mengenal Minato Resource Recycle Center

E-mail Cetak PDF

minato resource recycle centerPengelolaan sampah dengan metode 3R (Reduce, Re use, Recycle), saat ini merupakan metode yang banyak digunakan. Metode 3R di negara maju bahkan dapat menghemat penggunaan bahan baku produksi. Sebagai contoh, industri suku cadang dapat menggunakan aluminium recycle dari pengggunaan botol kaleng, industri plastik menggunakan plastik recycle yang telah diproses menjadi biji plastik. Pengelolaan sampah dengan metode 3R diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) sehingga dapat memperpanjang umur TPA.

Selain membutuhkan peran serta dari masyarakat dalam mengurangi dan menggunakan kembali sampah yang dihasilkan, pemerintah juga harus dapat menyediakan fasilitasi daur ulang serta mendukung tumbuhnya industri yang mengolah produk daur ulang sampah.

Sebagai salah satu pendukung sistem pengelolaan sampah di Tokyo, tiap kota bertanggung jawab terhadap proses pengangkutan, pemilahan sampah serta peningkatan pengelolaan sampah. Sebagai contoh, Pemerintah Kota Minato, yang merupakan salah satu kota bagian dari Kota Metropolitan Tokyo, menyediakan unit recycle yang dikenal dengan Minato Resource Recycle Center (MRC). MRC merupakan suatu unit swasta yang berada di bawah pemerintah Kota Minato. Pembiayaan MRC berasal dari hasil pembayaran pajak Kota Minato sedangkan pendapatan yang dihasilkan dari unit tersebut sepenuhnya dikembalikan kepada pemerintah Kota Minato. Unit ini bertugas mensortir sampah dan mengolahnya menjadi produk intermediate yang akan disalurkan kepada industri.

Sampah dari Kota Minato kecuali sampah kertas dikirim ke MRC, dimana akan dipisahkan dari sampah yang tidak dapat didaur ulang dan diolah menjadi produk intermediate sebelum dikirim ke industri pengolahan. Adapun sampah yang dikirim ke MRC adalah sampah plastik daur ulang ( terdiri atas mangkok, gelas plastik bekas wasah makanan, hanger, kemasan plastik, dll); botol yang terbuat dari gelas; kaleng; dan botol PET (botol plastik minuman). Sampah-sampah tersebut didaur ulang sebagai berikut :

  1. Plastik Daur Ulang, Disortir kemudian dipack dengan ukuran 1mx1mx1m dengan berat 280 kg dikirim kepada industri pengolahan plastik dan industri kimia
  2. Botol Gelas,Melalui conveyor belt, botol gelas disortir berdasarkan warnanya kemudian dikirim ke industri botol dan industri pembuatan material paving
  3. Kaleng,Disortir dengan maghnet untuk memisahkan aluminium dan logam kemudian dipres dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 17 cm kemudian dikirim ke industri kaleng dan industri pembuatan material konstruksi dan komponen suku cadang
  4. Botol plastik PET, Disortir dan kemudian dipack dengan ukuran 60 cm x 40 cm x 30 cm dengan berat 17 kg kemudian dikirim ke industri botol plastik PET atau digunakan untuk industri alat tulis dijadikan pulpen, penggaris, dll.

Add comment

Harap mengisi komentar dengan bahasa yang sopan.
komentar anda akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

 

Artikel Terkait

About us

Baperlitbang ( Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan ) Kabupaten Kendal
Alamat : Gedung A Lt. 1 Kompleks SETDA Jalan Soekarno-Hatta No. 193 Kendal - Jawa tengah
Telp/Fax. (0294) - 381225 Kode Pos 51313
Email 1: bappeda (at) kendalkab.go.id
Email 2: admin (at) baperlitbang.kendalkab.go.id

Copyright © Bappeda Kendal: Desember 2011 -2016/Baperlitbang 2017
Show My Location
Credit to: Tim Website