Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Website Info

welcome Welcome. Kami ucapkan Selamat Datang atas kesediaan anda telah berkunjung di Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal ini.

Prosedur Ijin KKN

Blog style Bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kendal, silahkan baca prosedurnya terlebih dahulu di sini.

Prosedur Ijin Penelitian

Blog style Untuk dapat melakukan penelitian di Kabupaten Kendal, maka prosedur untuk mendapatkan ijinnya bisa anda baca di sini

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ponggok Hasilkan 6,5 miliar setahun

E-mail Cetak PDF

sumber foto : http://liburmulu.com/umbul-ponggok-klaten-unik-nan-berbeda/Kreatifitas masyarakat dan aparat desa di Desa Ponggok, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah melalui pengelolaan obyek wisata Umbul Ponggok mampu meningkatkan pendapatan desa dari Rp 5 juta per tahun menjadi Rp 6,5 miliar per tahun. Dahulu umbul ponggok hanya merupakan pemandian tua yang tidak terurus, namun kemudian dibenahi dengan konsep foto di dalam air sehingga para pengunjung bisa berenang sambil selfie di dalam air. Umbul Ponggok itu kian terkenal setelah foto-fotonya tersebar ke media sosial, sehingga saat ini menjadi salah satu destinasi menarik di Klaten dan mampu mengundang wisatawan dari berbagai daerah.

Saat ini badan usaha milik desa (BUMDes) tersebut mampu memperoleh pendapatan Rp 6,5 miliar per tahun dengan keuntungan bersih mencapai Rp 3 miliar dari tempat tersebut. Keuntungannya digunakan untuk pemberdayaan usaha BUMDes yang lain. Usaha itu mulai dari penyediaan fasilitas air bersih, homestay hingga tempat makan. Kesuksesan aparat Desa Ponggok mendongkrak pendapatan dari pengelolaan pemandian tua itu bukan tanpa sebab. Aparat desa setempat mendirikan BUMDes yang mampu mempercepat terwujudnya desa mandiri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Kondisi itu menjadikan BUMDes Ponggok sebagai percontohan nasional.

Contoh Sukses Desa Ponggok tersebut, dapat dijadikan acuan bagi desa lain dalam penggunaan dana desa agar dapat lebih bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat desa. Saat ini penggunaan dana desa sebagian besar masih diprioritaskan untuk perbaikan infrastruktur dan masih minim kreativitas desa dalam penggunaan dana desa. Padahal tahun ini pemerintah pusat memberikan bantuan dana sebanyak Rp 46, 8 triliun kepada 74.754 desa di seluruh Indonesia. Sehingga rata-rata setiap desa mendapatkan dana sebesar Rp 600 juta hingga Rp 700 juta. Selain itu masih ada tambahan bantuan dari pemerintah provinsi dan kabupaten dengan besaran nilai berbeda-beda di setiap desa.

Bagaimana denagn Kabupaten Kendal? Terdapat banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan dengan sentuhan kreativitas agar dapat menarik kunjungan wisatawan. Desa Getas dengan wisata tubing, Pulau Tiban, merupakan contoh potensi yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh desa agar dapat memberikan manfaat yang dapat dirasakan masyarakat desa.

Sumber : kompas.com

Add comment

Harap mengisi komentar dengan bahasa yang sopan.
komentar anda akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

 

Artikel Terkait

About us

Baperlitbang ( Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan ) Kabupaten Kendal
Alamat : Gedung A Lt. 1 Kompleks SETDA Jalan Soekarno-Hatta No. 193 Kendal - Jawa tengah
Telp/Fax. (0294) - 381225 Kode Pos 51313
Email 1: bappeda (at) kendalkab.go.id
Email 2: admin (at) baperlitbang.kendalkab.go.id

Copyright © Bappeda Kendal: Desember 2011 -2016/Baperlitbang 2017
Show My Location
Credit to: Tim Website