Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Website Info

welcome Welcome. Kami ucapkan Selamat Datang atas kesediaan anda telah berkunjung di Website Resmi Baperlitbang Kabupaten Kendal ini.

Prosedur Ijin KKN

Blog style Bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kendal, silahkan baca prosedurnya terlebih dahulu di sini.

Prosedur Ijin Penelitian

Blog style Untuk dapat melakukan penelitian di Kabupaten Kendal, maka prosedur untuk mendapatkan ijinnya bisa anda baca di sini

PLN Janji Beli Listrik dari Sampah di 7 Kota Rp 2.500/kWh

E-mail Cetak PDF

ilustrasi listrik dari sampahJakarta - PT PLN (Persero) pagi ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) perjanjian jual-beli listrik dari pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) dengan 7 pemerintah daerah percepatan yang termasuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2016. Ketujuh daerah tersebut adalah DKI Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Surakarta, Surabaya, dan Makassar.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir, menyatakan perjanjian ini diteken untuk mempercepat pengembangan PLTSa di 7 kota. Investor butuh kepastian, jaminan bahwa listrik dari PLTSa akan dibeli oleh PLN dengan harga layak. Dengan adanya MoU ini, PLN memberikan jaminan itu. "MoU ini kesepakatan kedua belah pihak bahwa pemkot akan mengembangkan PLTSa dan PLN akan membeli," kata Sofyan usai penandatanganan MoU dengan 7 pemkot di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (6/12/2016).

Sofyan menjelaskan, PLN akan membeli listrik dari pengembang PLTSa dengan harga sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 44 Tahun 2015, yaitu US$ 18,77 sen/kWh atau setara dengan Rp 2.496/kWh. "Investor sudah mendapat kepastian bahwa ini akan dibeli PLN dengan harga sesuai Permen ESDM Nomor 44 Tahun 2015. Tarif flat selama 20 tahun mengacu pada Permen ESDM Nomor 44 Tahun 2015," ujarnya.

Tetapi, ia menambahkan, Feed in Tariff listrik dari PLTSa bisa saja berubah. Sebab, saat ini Kementerian ESDM sedang mengkaji ulang aturan-aturan Feed in Tariff energi baru terbarukan (EBT). Untuk saat ini, harga mengacu pada Permen ESDM 44/2015, selanjutnya PLN akan mengikuti apapun kebijakan pemerintah, apakah ada perubahan harga atau tidak. "Kami akan patuh sama kebijakan ESDM. Tapi hari ini kami mengacu pada keputusan lama karena sampah ini kan persoalan. Jadi kami ingin berpartisipasi menangani sampah perkotaan supaya mereka (pemkot) bisa jalan dulu (pembangunan PLTSa)," tutur Sofyan.
Harga listrik dari PLTSa yang relatif tinggi dibanding rata-rata biaya pokok produksi (BPP) listrik PLN ini sudah pasti menambah subsidi listrik. BPP listrik PLN saat ini sekitar Rp 1.352/kWh, sedangkan Feed in Tariff listrik dari sampah Rp 2.496/kWh, artinya pemerintah harus mensubsidi Rp 1.144/kWh.

Penambahan subsidi akan terjadi bersamaan dengan mulai beroperasinya PLTSa, paling cepat tahun 2018. Sekarang besaran tambahan subsidi yang dibutuhkan belum dihitung terperinci. "Di dalam Perpres diatur bahwa PLN akan mendapatkan kompensasi. Bisa dalam bentuk subsidi listrik dari pemerintah. Namun belum didetailkan lebih lanjut, nanti akan dihitung. Tapi ini baru paling cepat 2018-2019," pungkasnya.

Pembelian listrik oleh PLN dari PLTSa merupakan langkah maju dalam pengelolaan persampahan di Indonesia. Hal tersebut dapat memacu kemauan dari pemerintah daerah untuk meningkatkan pengelolaan sampah dengan sekaligus dapat meningkatkan pendapatan daerah. Diharapkan pengelolaan sampah dapat menjadi lebih terintegrasi dengan pemanfaatan sampah dan mengurangi beban pada pembuangan akhir sampah.

Sumber : detik.com

Add comment

Harap mengisi komentar dengan bahasa yang sopan.
komentar anda akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

 

Artikel Terkait

About us

Baperlitbang ( Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan ) Kabupaten Kendal
Alamat : Gedung A Lt. 1 Kompleks SETDA Jalan Soekarno-Hatta No. 193 Kendal - Jawa tengah
Telp/Fax. (0294) - 381225 Kode Pos 51313
Email 1: bappeda (at) kendalkab.go.id
Email 2: admin (at) baperlitbang.kendalkab.go.id

Copyright © Bappeda Kendal: Desember 2011 -2016/Baperlitbang 2017
Show My Location
Credit to: Tim Website