Pelatihan Penyusunan Dokumen RTP SPIP

Dalam rangka penyelenggaraan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan), perlu disusun rencana kerja penyelenggaraan SPIP, yang memuat tujuan, ruang lingkup, prioritas, dan strategi penyelenggaraan SPIP.

Rencana kerja penyelenggaraan SPIP tersebut dituangkan dalam dokumen Rencana Tindak Pengendalian (RTP), yang merupakan dokumen berisi gambaran dari efektivitas struktur, kebijakan, dan prosedur organisasi dalam mengendalikan risiko, perbaikan pengendalian yang ada/terpasang, serta pengkomunikasian dan pemantauan pelaksanaan perbaikannya.

Mengingat fungsi RTP-SPIP yang sangat strategis; yaitu untuk mewujudkan pengelolaan pemerintah daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam rangka pertanggungjawaban publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baperlitbang Kab. Kendal menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Dokumen RTP-SPIP selama 2 (dua) hari, yaitu pada Selasa – Rabu, 30-31 Juli 2019. Pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris Baperlitbang Kab. Kendal dan diikuti 40 (empat puluh) peserta yang merupakan Tim Satgas RTP-SPIP Baperlitbang Kab. Kendal dilaksanakan sebagai upaya memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi secara menyeluruh pada segenap Satgas SPIP khususnya dalam mencapai pemerintahan yang bersih dan penerapan prinsip pengelolaan yang baik serta terwujudnya peningkatan pelayanan publik.

Narasumber pelatihan tersebut berasal dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah (Bp. Bambang Mulyanto, Ak dan Ibu Dwi Ariyani, SE, M.Si). Materi yang disampaikan Control Environment Evaluation (CEE) — Evaluasi Lingkungan Pengendalian, Control Self Assessment (CSA) dan Identifikasi Resiko. Disamping berisi paparan materi dari narasumber, seluruh peserta terlibat aktif dalam praktek materi-materi tersebut. Dengan mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan seluruh peserta memiliki  pemahaman terhadap substansi Dokumen RTP-SPIP dan nantinya dapat diaplikasikan oleh Satgas SPIP dalam menyusun dokumen RTP-SPIP Baperlitbang Kab. Kendal pada tahun berjalan dan tahun-tahun selanjutnya.

Baca Juga:   Pemerintah terbitkan RPJMN 2015-2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *