Rakor Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Komisi Irigasi Tahun 2018 dan Penyusunan Program Kerja Komisi Irigasi Kabupaten Kendal Tahun 2019

Kendal – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal melaksanakan Fasilitasi Kegiatan Pengelolaan Irigasi Partisipatif yaitu Rakor Evaluasi Pelaksanaan Program Kerja Komisi Irigasi Th. 2018 dan Penyusunan Program Kerja Komisi Irigasi Th. 2019 bertempat di Ruang Rapat Lt. 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal. Narasumber Rakor berasal dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal dengan peserta tim Sekertariat Komisi Irigasi.
Dalam acara tersebut disampaikan penjelasan tentang dasar dan tujuan pembentukan komisi irigasi. Tugas komisi irigasi yaitu membantu Bupati dalam merumuskan kebijakan pada Daerah Irigasi yang menjadi wewenangnya yang bertujuan untuk mempertahankan kondisi jaringan irigasi, menetapkan rencana tanam, rencana tahunan penyediaan air irigasi, rencana tahunan pembagian dan pemberian air irigasi bagi pertanian dan pengguna jaringan irigasi lainnya, mengadakan musyawarah dengan P3A/GP3A melalui pemberdayaan, pembinaan, penertipan dan menyelesaikan masalah keberlanjutan sistem irigasi memberikan masukan, pertimbangan dalam upaya menjaga keandalan dan keberlanjutan sistem irigasi, dan disampaikan juga tentative rencana kerja komisi irigasi tahun 2019 serta Penyampaian evaluasi pelaksanaan komisi irigasi th. 2018 dan penyampaian informasi kegiatan di Dinas Pertanian dan Pangan dengan sumber dana DAK Pertanian TA 2019 dan TP PSP TA 2019.