Baperlitbang Kabupaten Kendal Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Harmonisasi Perencanaan Bottom-Up dan Pokok-pokok Pikiran DPRD secara Hybrid

  • Root
  • 11-08-2022

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Kendal, menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Harmonisasi Perencanaan Bottom-up dan Pokok- pokok Pikiran DPRD dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Kendal” di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kabupaten Kendal, hari Rabu tanggal 10 Agustus 2022. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara hybrid yaitu kombinasi tatap muka yang dilangsungkan di Pendopo dan secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. Kegiatan sosialisasi tatap muka diikuti oleh kurang lebih 160 orang, yang terdiri atas Kepala Perangkat Daerah (Perangda), Camat, Lurah, perwakilan paguyuban kepala desa, sekretaris desa, BPD, perwakilan akademisi/Perguruan Tinggi, perwakilan badan usaha/swasta, perwakilan Tenaga Ahli Fraksi DPRD, perwakilan pendamping desa, Tenaga Ahli Fraksi DPRD, dan BAZNAS. Sementara itu, melalui zoom meeting kegiatan sosialisasi diikuti oleh pendamping desa, pemerintah desa, pemerintah kelurahan beserta lembaga-lembaga yang ada di desa/kelurahan se-Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto, dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi Harmonisasi Perencanaan Bottom-up dan Pokok-pokok Pikiran DPRD dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Kendal ini, diharapkan bisa bermanfaat dan memberikan solusi dalam penyusunan rencana kerja untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Kabupaten Kendal.

“Kegiatan ini sangat baik, karena kami bisa mendapatkan aspirasi dari teman-teman DPRD maupun dari masyarakat Kendal yang tentu dengan tujuan ke depan bisa membuat program- program tepat sasaran dan bersama- sama untuk membangun Kabupaten Kendal yang labih baik,”kata Bupati Kendal Dico M Ganinduto.

Indikator dari keberhasilan pemerintah itu, lanjut Bupati Kendal Dico M Ganinduto, ada tiga hal yakni, pertama indeks pembangunan manusia, yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita. Kedua terkait masalah kemiskinan dan yang ketiga adalah pengangguran.

“Tantangan ke depan semakin kompleks dan dinamis. Kita harus peka dan sigap untuk menghadapi tantangan tersebut. Kita perlu bersama-sama bergerak dan bersinergi satu sama lain dalam mengambil peran dalam pembangunan, khususnya dalam pengurangan angka kemiskinan dan tingkat pengangguran,”ujar Dico.

Kepala Baperlitbang Kabupaten Kendal, Izzuddin Latif, dalam laporan penyelenggaraan, mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya acara Sosialisasi Harmonisasi Perencanaan Bottom-up dan Pokok-pokok Pikiran DPRD dalam Penyusunan RKPD Kabupaten Kendal ini ada 4 (empat) yakni :

  1. mensosialisasikan visi, misi, tujuan, sasaran, arah kebijakan, dan program prioritas pembangunan daerah Kabupaten Kendal tahun 2021-2026;
  2. mensosialisasikan rencana program/kegiatan Pemerintah Kabupaten Kendal yang masuk ke desa tahun 2023 sebagai pedoman penyusunan RKP Desa tahun 2023;
  3. mensosialisasikan jadwal perencanaan pembangunan desa dan daerah; dan
  4. mensosialisasikan kamus usulan perencanaan tahun 2024 sebagai pedoman pengusulan aspirasi masyarakat dan pokok-pokok pikiran DPRD guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2024.

“Hal ini dilakukan, agar terwujud penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten Kendal yang berkualitas, holistik dan integratif,”kata Kepala Baperlitbang Kabupaten Kendal, Izzuddin Latif.  

Dalam kegiatan sosialisasi dihadirkan 2 (dua) orang narasumber, yaitu Kepala Baperlitbang Kabupaten Kendal Izzuddin Latif dan Kepala Dispermasdes Kabupaten Kendal Yanuar Fatoni. Kepala Baperlitbang menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Kendal Tahun 2021- 2026 dan Harmonisaan Perencanaan. Sedangkan Kepala Dispermasdes menyampaikan materi tentang Penyusunan RKP Desa dan Daftar Usulan RKP Desa.

Dalam penyampaian materinya, Yanuar berpesan kepada pemerintah desa untuk segera menyusun rancangan RKP Desa, dirembug melalui musrenbang desa/RKP Desa, dan ditetapkan di akhir September. “Ikuti dan patuhi juknis penyusunan RKP Desa dan Daftar Usulan RKP Desa yang telah disampaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal”, ujarnya. Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan dan Pengendalian Program pada Baperlitbang Kabupaten Kendal, Albertus Hendri Setyawan, sebagai moderator kegiatan sosialisasi ini, di akhir acara menyampaikan informasi tambahan bahwa materi sosialisasi secara lengkap dapat diunduh di bit.ly/BAPERLITBANGKDL yang telah disiapkan atau dapat diunduh di website Baperlitbang Kabupaten Kendal. “Materi sosialisasi perlu dicermati oleh desa, kelurahan, dan anggota DPRD karena salah satu substansi di dalamnya adalah jadwal kalender perencanaan pembangunan desa dan daerah. Di samping itu, juga disediakan kamus usulan perencanaan tahun 2024 sebagai pedoman usulan aspirasi masyarakat dan pokok-pokok pikiran DPRD guna penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal Tahun 2024”, kata Hendri. “Usulkan yang menjadi kewenangan kabupaten. Dalam materi sosialisasi, sudah kami sediakan data infrastruktur yang menjadi kewenangan Kabupaten Kendal seperti jalan, daerah irigasi, dan prasarana sarana dan utilitas umum perumahan dan permukiman, silakan diusulkan jika memerlukan peningkatan, rehabilitasi, atau pembangunan”, lanjut Hendri.

Komentar:
Email Anda tidak akan dipublikasikan.